Pages

Virus Alert Di Facebook

2 komentar
 
Hmmhh… setelah sekian lama saya off dari dunia per-bloggeran dan per-postingan, sekarang baru terpikirkan untuk membuat postingan apa. Nah posting kali ini bertemakan virus di facebook yang kala ini sering menjadi bahan pembicaraan orang-orang. Hmm.. saya membuat posting ini karena beberapa hari yang lalu virus ini sempat menyerang akun saya ( hiks T_T ). Dan berkat mbah Google dan Kaskuser, saya mempunyai inspirasi dalam menghilangkan virus ini.
Nah kita bahas topik ini secara bertahap, let’s go to the first chapter… ^_^





CHAPTER 1 : What kind of virus?

Jenis-jenis virus di Facebook ada bermacam-macam, tapi ada 2 jenis yang mendominasi yaitu virus worm dan virus trojan. Secara umum sih mereka menggunakan fasilitas download exe atau alert-alert yang tidak jelas dalam melancarkan aksinya. Yap, sampai di sini pengenalan jenisnya,, Cuma ada 2 kok, worm sama trojan ( yang sering saya denger sihh ). Hmmh.. further information kalian bs cari tau sendiri.

CHAPTER 2 : Affect of the Virus

Hmm… pada Chapter ini saya akan share pengalaman yang kemarin saya dapatkan dari virus ini. Huuh… jadi ceritanya ada tawaran video The Secret Of Mc Donald. Nah di sini bagian saya tertipu, jadi setelah saya click videonya, saya digiring kemana-mana dehh ( don’t try this at home ). Sampai akhirnya effect dari virus tersebut adalah

1. Alert crush Message
Pada home facebook, akan selalu tampil crush message ini. Akan sangat mengganggu, dan menuh2in home deh..
2. Alert quiz IQ
3. Redirect link
Ketika kalian mengakses home facebook, bukannya direct ke link facebook. Akan tetapi direct ke link adsrv ( advertisement gitu ).. humh… inilah bagian yang paling mengganggu dan berbahaya, karena ketika kita mengakses suatu link pop-up, peluang virus dan spyware masuk tidaklah 0.

Dah sampai di sini dulu Chapter II nya.. hehehe… itu gambaran efek yang akan timbul gara-gara virus ini.. nexxtt

CHAPTER 3 : How To Remove??
Perhatikan cara ini baik-baik ( saya dapat dari blog lain hehee, sedikit repost )
1. Akses facebook dengan akun kalian
2. Ignore about the virus, udah cuek aja..
3. Setelah pada tampilan Home, masuk ke bagian account di pojok kanan atas
4. Account>>Privacy Setting>>Application And Websites>>Edit Your Setting>>Remove Unwanted or Spammy Applications>> ( Nah sampai di bagian remove, kalian remove quiz apa yang ada alertnya, misal : alert quiz IQ, kalian hapus saja IQ test yang pernah kalian ikutin )
Nah, cara di atas hanya untuk mengantisipasi alert quiz,,

nah untuk crush message sendiri penanganannya lewat offline mode, yaitu scanning dengan antivirus. Karena crush message ini adalah effect dari trojan yang telah mengendap ke komputer kalian. Karena terbukti, crush message itu tidak tampak ketika saya menggunakan laptop spupu saya untuk mengakses facebook. Jadi untuk menghilangkan virus ini, gunakan antivirus yang ada ( selalu update ) dan bisa juga menggunakan trojan removal. Jika tidak bisa, tanya lagi ke mbah gugel ( hehehe )

Yap… sampai di sini masalah penganganan dari virus Facebook berjenis trojan ini… secara garis besar dapat saya simpulkan bahwa, penanganan alertnya harus dilakukan di setting account facebook, dan penanganan virusnya mau tidak mau harus dilakukan di komputer yang terjangkit. Yap lanjut…

CHAPTER 4 : How to Prevent?

Caranya gampang, untuk prevent dari virus ini
1. Wawasan luas terhadap internet, dan virus facebook. Jadi akan sangat sulit ketipu ( hiks.. berarti wawasan saya rendah dunk ? )
2. Gunakan antispyware dan antivirus yang selalu diupdate
3. Jangan asal klik ( hehe… itu pesan yg sangat simpel )
Hmmh… saya rasa dari ke semua chapter udah saya bahas secara gamblang. Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran, bisa langsung di comment yah… hmmh… saya mau makan dolo.. laper bgt… hehehee ^^…

@cth.blogspot.com >> thanks buat gambar pembukanya... hehe.. saya maen sedot ajah

2 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    karena habis kena virus...

Leave a Reply