Pages

Membuat File Header Pada C

8 komentar
 
Post kali ini saya ingin membahas bagaimana sih caranya membuat file header pada bahasa c. Hmm, soalnya barusan saya coba, dan mengalami beberapa gangguan yang mudah-mudahan kalian tidak menemui nya yah :) . 

Jadi, step-step yang harus kalian lalui adalah :
1. Buka CodeBlock
2. Create Console Application
3. Pilih Bahasa C

Nah, sampai disini dulu. Pada project C yang kalian buat tadi, kalian bebas membuat fungsi apapun untuk dibuat file header. Jadi, misalkan kalian membuat fungsi kali. Kalian buat fungsi tersebut di file header dan file c yang baru. Berikut step berikutnya setelah step 3 tadi,

4. Pilih New File>>File H

Pada File ini, yang harus diperhatikan adalah :
a. Buat nama fungsi, yang mudah untuk diingat
b. Deklarasikan hanya nama fungsi dan parameternya

Jadi, pada file header yang baru aja kalian buat, ketik saja nama fungsi perkalian itu, misal :

int kali(int a,int b); ingat berisi semicolon pada akhir fungsi

5. Buat File .c untuk mendeklarasikan isi dari fungsi pada file.h tadi

Pilih New File>>File C

Deklarasikan body dari fungsi kali yang kalian buat, 

int kali(int a,int b)
{
       return a*b;
}

Jadi nanti, setelah deklarasi .h dan .c, kalian sudah bisa menggunakan mereka. 

6. Program Utama

Pada Program Utama, file .h tadi sudah bisa kalian deklarasikan dan implementasikan
#include<stdio.h>
#inlcude<stdlib.h>
#include "kali.h"

int main()
{
      int a,b,c;
      a=5;b=4;
      c=kali(a,b);
     
      printf("%d",c);
      return 0;
}

Yah, melalui 6 step tersebut kalian bisa membuat file.h kalian sendiri, dan mudah kan? sip :)
Testing Gumroad
Readmore...

Linked List

8 komentar
 
Wah, harus kejar posting nih, soalnya malam ini blog bakal diperiksa dosen. Hmm, jadi sekarang saya akan membahas tentang Linked List. Jadi apa itu linked list? kenapa di alstrukdat kita mempelajari linked list?

Jadi, Linked List adalah sebuah bentuk ADT dalam Struktur Data, ADT dalam Struktur Data yang lain adalah Stack, Queue, Tree, Graph dan lain-lain. Nah, sekarang, apa bedanya Linked List dengan array,queue,stack, dan ADT lainnya? 

Mungkin karena pengetahuan saya belum terlalu jauh, maka saya akan membandingkan Linked List dengan Array. Selama ini, kalian menyimpan data dalam suatu program, pastinya menggunakan variabel yang dinyatakan dalam array. Dan, karena array itu praktis dan mudah dipanggil, maka kita menggunakannya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi. Akan tetapi, masalah yang diselesaikan dengan array akan bertambah besar jika data pada program kalian juga membesar. Katakanlah kalian membuat program yang menyusun data mahasiswa, sebanyak 1000 mahasiswa.

Wah, Manipulasi pada array kalian tentunya akan menjadi semakin 'riweh'/'rumit'/sophisticated, kenapa? Katakanlah kalian akan melakukan proses delete pada indeks 189 dari 1000 data tersebut. Wah, akan banyak proses yang akan dilakukan (Kenapa banyak proses? hehe, cari tahu sendiri)

Jadi, jika kalian ingin mengatur banyak data dengan mudah, kalian perlu sifat yang fleksibel. Nah, jadi itulah sifat yang berada pada Linked List. Jadi Linked List secara fisik direpresentasikan dengan kotak-kotak yang saling berkait. kotak Linked List itu disebut Node, yang terdiri dari InfoType dari Node tersebut, dan Next(Nilai berikutnya dari Node tersebut)

Nah, cukup sekian lah Linked Listnya, oh iya, kenapa List bersifat Fleksibel? jadi tali-tali pengikat node tersebut secara fleksibel bisa mengatur proses delete, insert pada linked list. :)

ADT selanjutnya yaitu STACK, STACK adalah sebuah tumpukan (sesuai namanya stack). Jadi, Stack ini sifatnya LIFO (Last In First Out), maksudnya disini adalah data terakhir yang masuk ke dalam Stack adalah data yang paling pertama dikeluarkan. Jelas saja, karena konsepnya tumpukan, jadi tumpukan teratas (yang paling akhir, lebih dahulu diproses). 

ADT selanjutnya yaitu QUEUE, QUEUE berkebalikan dengan STACK, karena QUEUE sifatnya FiFO, First In First Out. Bayangkan saja seperti object antrian, yang lebih dulu mengantri adalah yang lebih dulu diproses dan keluar dari Antrian. 

Hmmh, mungkin cukup segitu saja deh penjelasan ADT pada Alstrukdat kali ini, saya mau buat tugas yang lain dulu :) hehehe, smangat smangat :)
Readmore...

Tugas Alstrukdat Program ADT

3 komentar
 
5 Program ADT dengan minimal 1 aturan Get / Set


Readmore...

Tugas Alstrukdat Teori ADT

4 komentar
 
1.      Apa yang dimaksud C Module?
C modul adalah bagian-bagian kecil dari program, yang merupakan kumpulan operasi terkait program yang dibuat. Modul dibuat sedemikian rupa, sehingga memberikan User Interface yang simple untuk user dan menyembunyikan detail pemrogramannya.
2.      Apa yang dimaksud Interface dari sebuah Modul?
Interface adalah kumpulan prototype dari fungsi atau prosedur yang nantinya akan diimplementasikan dalam program.
3.      Apa yang dimaksud Implementation file sebuah modul?
Implementation File sebuah modul adalah definisi dari seluruh objek yang telah dideklarasikan pada interface file sebuah modul.
4.      Bagaimana anda bisa mengetahui layanan-layanan yang disediakan pada modul tersebut.?
Layanan dari sebuah modul bisa kita ketahui dari interface file pada modul tersebut.

Readmore...

Curhat Colongan #Edisi Kuliah

5 komentar
 

Haloh pembaca setia Blog Byan *eh , kali ini saya akan membuat sedikit penjelasan tentang diri saya terkait evaluasi diri. Kenapa saya membuat evaluasi diri dalam blog ini? Esensi tulisan ini akan segera hilang jika saya katakan post blog tentang Evaluasi Diri ini adalah sebuah tugas dari Dosen Alstrukdat saya * :’( , tapi ini bukanlah semata-mata tugas yang dikerjakan-selesai-dapat nilai.
Nah, untuk Evaluasi Diri kali ini, yuk kita bahas kekurangan, kelebihan, visi dan misi #widih . Yap langsung saja deh :
Kekurangan :
1.       Malas
2.       Menunda-nunda
3.       Kurang teratur
4.       Meremehkan
5.       Ceroboh
6.       Besar kepala
7.       Kurang bisa bergaul
Waduh, ternyata kalo dituliskan kurang dari 5 menit udah dapet 7 kekurangan ,  apalagi nanti udah mikirinnya lebih dari 1 jam. Jujur saja, kekurangan yang selalu saya miliki itu adalah ke-7 list yang diatas. Yuk coba kita bahas 1 per 1
Malas & Menunda-nunda &Kurang Teratur
Malas dan menunda jadi 1 kaitan loh kawan-kawan, kalau kita sudah malas, sifat menunda pasti muncul dengan sendirinya. -_- mungkin sejak saya masuk ke dunia perkuliahan, kemalasan itu semakin menjadi-jadi , karena apa? Ya pastinya karena engga ada yang ngatur kalau kita ada di rantauan #keluarga, hehehe #anak mama , ambil contohlah mandi, kalau di rumah saya mandinya teratur, tapi kalau di kontrakan, bisa-bisa saya Cuma mandi 1 kali 1 hari -_- #mungkin daerah Bandung emang beda sama kampong saya yang sangat panas. Dari sana udah kelihatan kalo saya orangnya benar-benar susah untuk mengambil langkah, tapi kalau udah melangkah saya pasti terus move on #ea
Meremehkan & Besar Kepala & Kurang Bisa Bergaul
-_- ini nih, sifat yang benar-benar saya benci dan setiap hari saya selalu berusaha untuk menekannya dari 100 menjadi 99 dan seterusnya. Yah, sifat meremehkan, sombong dan kurang bisa bergaul memang sulit untuk  dihindarkan, karena sekalinya dipuji dan udah mereasa hebat, wiih.. sifat-sifat itu bisa keluar dan menutup mata saya yang visioner #ea.
Ceroboh
Kalau yang ini mah udah menjadi kebiasaan kayanya yah? Tapi sampai saat ini cerobohnya sih udah engga di masalah yang gede, paling ceroboh ketinggalan kunci di kamar, engga sampai ketinggalan tiket di rumah dan ketinggalan pesawat #widih ngeri.. wkwkwkwk
Masih banyak lagi kekurangan yang saya miliki , entah itu sering takut *takut2an* , terus sering berkecil hati kalau menghadapi orang yang benar-benar sukses, dan banyaaak lagi #fiuh
Kelebihan
1.       Persistensif
2.       Visioner
3.       Idealis
4.       Humoris
5.       Kreatif
Waduh ternyata susah yah mencari kelebihan itu? Engga seperti mencari kekurangan yang ngetiknya kaya aliran air di sungai, pfft J . Itu artinya, saya juga belum benar2 bisa menilai diri dari kelebihan saya karena ketika saya menuliskan 1 saja poin kelebihan pertanyaan yang keluar dari benak saya adalah “Apa benar saya memiliki kelebihan itu ? “ beda saat saya menuliskan kekurangan.
Mungkin kelima kelebihan itu menjadi motivasi saat ini bagi saya untuk menjalani semua tantangan yang saya hadapi. 1 Quote yang selalu saya junjung dan sampai-sampai saya memajangnya di kamar yaitu Quote dari Calvin Cooledge yang mengatakan persistensi (ketekunan) itu adalah nomor 1.
Berikut Cuplikan Quotationnya :
“Nothing in the world can take the place of persistence. Talent will not, nothing is more common than unsuccessful men with talent, Genius will not, unrewarded genius is almost a proverb. Education will not, this world is full of Education Derelicts. Persistence and Determination alone are omnipotent”
Hmmh.. mungkin sekian saja dari saya dalam postingan Evaluasi Diri, J mudah-mudahan bisa menginspirasi pembaca
Readmore...

First In Programming C

1 komentar
 
         Nah, jadi ceritanya dunia pascal ketika memasuki dunia perkuliahan Informatika kini sudah berakhir. Dan dimulailah semester 3, semester yang memasuki bahasa-bahasa pemrograman yang baru seperti C,C++, SQL, Bahasa Logika (Kalkulus Proposisi), Bahasa Mesin (Sistem Logika Digital) dan pastinya bahasa Inggris yang ngga boleh kita lupakan dan harus terus di-improve *elah kok jadi ngelantur terus. 

Jadi dalam postingan kali ini saya akan membeberkan *mengumpulkan tugas di blog sih sebenarnya , program C yang pertama kali saya buat *kayanya bukan pertama kali deh, kalo pertama kali itu program Hello World di C. 

Kode program ini bertemakan Stack, karena saya sangat ingin tahu sistem yang tidak pernah saya pelajari di pascal. Dan sebenarnya kalau kita buat di pascal pun bisa, tapi herannya kenapa baru sekarang saya mengenal hal ini *bingung. 

Tanpa basa basi lagi, silahkan dikunjungi web ideone saya untuk melihat portofolio kodingan stack saya KLIK DISINI . 

Nah, sedikit menjelaskan Stack itu apa yah. Jadi stack itu adalah tumpukan, sistem menumpuk barang *bisa dianalogikan seperti itu. Sifat stack ini adalah LIFO (Last In First Out), jadi barang apa yang masuk di list yang terakhir (teratas) maka barang itu yang harus keluar terlebih dahulu. 

Dalam program stack yang saya pajang tadi, disana memperlihatkan bahwa program stack terdiri dari beberapa modul, umumnya ada fungsi/modul Push dan Pop. Push adalah fungsi untuk memasukkan barang, sedangkan Pop adalah fungsi untuk mengeluarkan barang dari Stack. 

Dan untuk fungsi2 yang lain : search and remove, tampilkan stack di layar juga saya masukkan untuk membuat program stack menjadi lebih keren :) . 

Happy Coding , mudah-mudahan susunan kode yang saya buat bisa menginspirasi pembaca :)

Readmore...

Event Pada C#

2 komentar
 
Event
Event, biasanya event dinyatakan sebagai sesuatu yang terjadi (happening) di waktu tertentu dan tempat tertentu. Hmm, jadi dalam pemrograman c#, event biasanya digambarkan dengan "button_click","mouse_over","value_changed", dan event lainnya. Misal ketika kalian ngeklik button, walla, itulah Event.

Nah, jika sudah terjadi Event, apa yang terjadi? dan selanjutnya bagaimana? Hmm, kalian pernah tidak mendengar istilah Event Organizer? Nah, disini, di Pemrograman C#, Event Organizer disebut sebagai Event Handler. Event Handler adalah sistem yang meng-handle(mengatur) jalannya sebuah event, apa saja yang akan menjadi kelanjutan jika terjadi sebuah event.

Tulisan di atas merupakan gambaran awal tentang Event dan Event Handler, o iya, sebelum masuk lebih dalam di Event, diharapkan kalian sudah pernah membaca bab Delegates pada C# karena ini cukup berhubungan. keyword : Event = Special Delegates.

Sekarang kita memasuki wilayah pembahasan Event secara "Code", sebelumnya, kita memiliki prosedur jika ingin membuat sebuah event, yaitu :
1. Definisikan Class Event (Event apa yang terjadi)
2. Definisikan Class EventHandler (Bagaimana Sistem Handle nya)
3. Implementasikan Event tersebut pada Main Program

Ayo kita start dengan mempelajari 1 project yang saya buat #hehe, saya menemukannya di codeproject.com, ini artikelnya LINK . Dan saya mencoba merubah sedikit kodingan yang ada di codeproject dan menambahkan tutor sedikit. Untuk final project saya silahkan download disini LINK
Karena saya tidak mau kalian membaca di postingan ini panjang lebar, cukup prosedur event, kalian sudah siap untuk mencobanya di IDE C# kalian.
Happy Programming ^_^
Readmore...

Perkembangan Komputer

2 komentar
 

First Generation-Second Generation-Third Generation-Fourth Generation


Readmore...

Penelitian dan Tools Software Engineering

2 komentar
 














Sebelum membaca literatur blog ini, ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu Introduction Software Engineering dan UML pada referensi berikut :

a. Klik Untuk Tahu Software Engineering
b. Klik Untuk Tahu UML
c. Klik Untuk Tahu Tools SE

Apa sih Software Engineering? #Bahasan Umum

Software Engineering adalah suatu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak, yang memiliki kerangka sebagai berikut :

1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintain ability)
2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (depend ability)
3. Dapat mengikuti keinginan user (roburst)
4. Efektif dan Efisien penggunaannya
5. Dapat memenuhi kebutuhan (usability)

Software Engineering itu mencakup semua jenis pengerjaan suatu Software atau Perangkat Lunak. Bukan hanya sekedar menulis code (writing a block of code) akan tetapi semua kerangka-kerangka tadi harus masuk dalam Software Engineering. Nah, saya disini akan membahas sedikit masalah SE dan Research-research yang dilakukan terhadap SE ini.

Yang bakal kita bahas di SE itu ada beberapa macam poin yakni :
a. Penelitian dan Aplikasi SE
b. Tools SE

# Karena pembahasan ini memerlukan pengetahuan dasar SE, maka kami berikan link referensi tadi.

Penelitian dan Aplikasi SE

Jadi, sebenarnya sudah banyak komunitas bahkan perusahaan yang melakukan research terhadap SE ini, salah satunya yang kita ketahui sebuah perusahaan Perangkat Lunak adalah Microsoft. research.microsoft.com telah melakukan beberapa penelitian pada SE, mungkin beberapa sampel penelitian yang pernah dilakukan oleh Microsoft adalah sebagai berikut :

1 . A programming language for compose able DNA circuits

Jadi, meneliti dan membuat prototype bahasa pemrograman yang bisa meniru struktur DNA manusia. Prototype dari bahasa pemrograman ini, bisa kalian akses melalui website : Microsoft Research DNA. Jadi latar belakang penelitian yang diadakan ini adalah berbagai fungsi dari DNA manusia yang sangat banyak memerlukan bantuan aplikasi yang pintar, yang dapat menyimpan fungsi-fungsi tersebut dan memodelkannya.

2. A Programming Language for Genetic Engineering of Living Cells

Ada juga bahasa pemrograman yang masih dalam proses penelitian, adalah bahasa pemrograman yang meneliti dan menggambarkan fungsi-fungsi kinerja sel dalam tubuh melalui suatu bahasa pemrograman. Situsnya bisa dilihat di Klik Lihat Donk , akan tetapi kalian membutuhkan Silverlight SDK untuk mengakses bahasa pemrograman tersebut.

3. Client + Cloud Computing for Research

Link Terkait :
a. Microsoft Azure Research

4. Automatic Grammar Induction

a. Klik lagi Disini

Masih ada puluhan penelitian lagi, kalian boleh cek di SiniSini , terdapat banyak penelitian tentang Software Engineering dan aplikasi-aplikasi.
Nah, tadi kita sudah membahas tentang penelitian-penelitian yang terjadi pada Software Engineering. Sekarang kita masuk ke tools yang ada pada Software Engineering,

Tools

Apakah makna dibalik Tools pada Software Engineering ini? Sebelumnya penulis juga bertanya-tanya, akan tetapi setelah membaca beberapa literatur #malah curcol. Oke, Tools pada Software Engineering ini membantu dalam bidang permodelan Aplikasi #menurut penulis , karena pada Software Engineering dikenal nama UML (Unified Modelling Language). Nah, dari referensi yang sudah kami berikan di awal, tools pada Software Engineering digunakan untuk membuat Guide Lines atau Model dari suatu aplikasi.

Tools-tools yang ada pada Software Engineering itu sangatlah banyak, mungkin di referensi awal kita sudah ketahui ada yang namanya Rational Rose, Together, dan banyak lagi macamnya. Dan dapat dibuat sederhana, ternyata Tools yang tadi kalian pelajari adalah implementasi dari UML yang membahas User Case, Class, konsep OOP, dan lain-lain. Dan semua jenis tools yang disebutkan tadi, sama saja, layaknya compiler bahasa pemrograman, ada C, C++, pascal, sebenarnya sama saja, akan tetapi pasti memiliki perbedaan di fungsi-fungsi tertentu.

Dan tentunya, tools ini berbeda dengan bahasa pemrograman, karena pada aplikasi itu memiliki beberapa tahap pembuatan. Tools ini terletak pada modeling aplikasi, sedangkan bahasa pemrograman berperan penting dalam “Action Script” pada model aplikasi tersebut.

Sekian pengetahuan yang bisa kami sharing kepada kalian, kami tidak menjelaskan SE lebih banyak, karena sudah ada referensi yang lebih lengkap.. #hehhe bilang aja males.. 
Readmore...

Soft Computing??

3 komentar
 

Kelompok 6 PTI : Soft Computing

Avian Rinandhi(113114287)
Bimo Eka P(113111250)
Alief Pascal (113114268)
Tri Kusnandi (113112258)
Byan Prihandana (113112257) - Ketua
Ibnu Fajar (113114278)



Istilah soft computing pertama kali dicetuskan pada tahun 1990 oleh Prof. Lotfi A Zadeh dari Berkeley University. Soft computing adalah suatu pengembangan sistem cerdas. Sistem cerdas yang dimaksudkan adalah suatu sistem yang dapat memiliki keahlian yang hampir sama seperti manusia pada umumnya.

Metode soft computing ini terinspirasi dari cara pola pikir manusia sehingga mampu beradaptasi dan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya bisa saling melengkapi sehingga memungkinkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Karena Komputer di masa depan diharapkan bisa memberikan perhitungan-perhitungan yang lebih rumit dari sekedar perhitungan kalkulasi biasa. Nah, maka dari itu Soft Computing muncul sebagai jawaban dari permasalahan yang timbul di kehidupan kita.

Bagian-bagian dari Soft Computing sendiri adalah :
  1. Fuzzy Logic
  2. Neural Networks
  3. Probabilistic Reasoning
1. Fuzzy Logic
Fuzzy Logic merupakan suatu representasi dari pengetahuan yang direkonstruksi dengan if-then rules. Sederhananya, Fuzzy Logic adalah suatu metode untuk mengontrol sesuatu. Misalnya rekonstruksi if-then, "Jika cuaca panas, Maka turunkan suhu AC". Disinilah Fuzzy Logic berperan dalam Teknologi Komputer nantinya.

2. Neural Networks
Kompleksnya pikiran manusia juga merupakan masa depan dari komputer yang menggunakan Soft Computing. Neural Networks adalah tiruan dari jaringan saraf-saraf manusia yang terhubung dan membentuk sistem. Jadi metode ini ditujukan untuk meniru saraf manusia yang kompleks dan dapat menyimpan memori.

3. Probabilistic Reasoning
Probabilistic Reasoning adalah metode Soft Computing juga untuk membuat komputer atau suatu device mengambil keputusan layaknya makhluk hidup. Jadi, dari semua data-data yang sudah dimiliki, metode ini memberikan pola-pola tertentu untuk mengambil keputusan.

Soft computing menjadi satu diantara solusi daripada permasalahan di dunia. Kenapa? Dengan adanya unsur-unsur pokok dalam metode ini diharapkan akan menciptakan suatu sistem yang cerdas, mudah diproses serta membutuhkan biaya yang tidak banyak.

Banyak contoh-contoh riset yang sekarang mulai mengimplementasikan Soft Computing, seperti AC yang hanya hidup ketika AC tersebut merasakan adanya panas dari sensornya, dan TV yang menggunakan "Eye Recognition" dimana TV tersebut akan Shut Down otomatis ketika yang menonton TV sudah memejamkan mata dan tertangkap sensor TV.

Sumber:
http://tech.groups.yahoo.com/group/sc-ina/
ilmukomputer.com
http://modo.ugr.es/files/images/Agora/english/fig1.jpg
Readmore...

Belajar C# dari Nol!

12 komentar
 
Update, jika kalian ingin mempelajari C# (Bahasa yang paling umum pada Object Oriented Programming) kalian bisa memiliki beberapa referensi sebagai berikut :

1. Ebook Introducing Visual Studio C# 2010
Buku ini memuat 1300 halaman, dan berbahasa inggris, bisa dilihat detilnya disini , Download Link akan saya update, soalnya belakangan download ebook ini sudah mulai suspended link.. sabar yah masbroh :D

2. Video Tutorial By Geeks.Indonesia.Net
Video2 dari Mentor bisa didownload gratis dari link di bawah ini :
DOWNLOAD HERE , kalian cari dulu judul videonya, misal : C# Method, selanjutnya klik link video, registrasi dengan Windows Live (Kalian harus memiliki ID Windows Live) dan confirm registrasi, lalu View Online Video (Jika memiliki IDM, Link Download akan ter pop up dengan sendirinya )

Sekian dari saya, maaf baru diupdate page, soalnya ketika page pertama kali saya buat, saya masih benar2 tidak tahu menahu soal C# dan embel2nya
Readmore...