Pages

Kisah Storage dan Laptop

3 komentar
 
Dalam posting kali ini, saya akan banyak membahas tentang kesalahan yang sering digunakan para owner dari laptop yang berkenaan dengan fungsi storage. ( ni orang ngomong apaan si? )
Yah, check it out aja deh ceritanya...

Komputer atau yang dalam versi portablenya yaitu laptop, sering kali mengalami masalah pada hardwarenya, entah itu kerusakan pada harddisk, dan device lainnya. Tapi, kesalahan utama yang sering dilakukan oleh si owner dari laptop ini sendiri adalah penggunaan Laptop atau Komputer disamakan dengan penggunaan storage ( flashdisk, CD, DVD, harrdisk eksternal ).

Chapter 1 : What is the problem?

Seperti penggalan awal posting tadi, kesamaan penggunaan storage dan laptop ini akan menimbulkan masalah yang besar. Fungsi dari laptop sangatlah kompleks, mulai dari pengolahan data sampai ke penyimpanan data. Akan tetapi, sering kali para owner laptop ini menganggap laptop mereka sebagai storage ( flashdisk, CD, DVD, harddisk eksternal ) dengan menyimpan banyak file2 masa lalu, yang mereka kira mereka akan memakainya sewaktu-waktu. Hmm... sebenarnya ini adalah masalah pokok dari penyamarataan fungsi tadi.

Chapter 2 : What will happen?

Penyamarataan fungsi storage dan laptop ini, sangat berpengaruh pada keadaan harddisk laptop itu sendiri. Karena, semakin banyak file2 yang tidak terlalu penting, disimpan dalam laptop. Akan menimbulkan kerusakan pada harddisknya. Mungkin dapat ditimbulkan beberapa gejala seperti ini :

1. Melambatnya kinerja Laptop
2. Melambatnya booting
3. Sering mengalami crash

Nah, ketiga masalah itu walaupun terlihat biasa saja. Tapi itu sangatlah mengganggu kinerja dari laptop dan kinerja kita terhadap laptop itu sendiri.

Chapter 3 : Restriction

Langkah untuk mengantisipasi kesalahan ini adalah, dengan tidak menyamaratakan penggunaan fungsi laptop dan storage. Mungkin beberapa hal yang masuk akal akan dijelaskan di bawah ini :

1. Menaruh file-file yang kurang penting dalam storage ( bukan laptop )
2. File-file film, terutama foto juga mungkin lebih baik di tempatkan pada storage
3. Hindari penggunaan harddisk yang melebihi kapasitas ( minimal <70% )

Mungkin kalian, belum menyadari bagaimana storage itu berperan. Jadi pikirkanlah, untuk apa disediakan storage, tapi kita malah memasukkan data2 kita yang kurang penting ke dalam laptop. Yah, mungkin kalian memiliki paradigma agar file2 tersebut aman dan praktis. Akan tetapi, ketika file2 itulah yang menyebabkan kerusakan terparah laptop kalian, itu merupakan bagian yang akan kalian sesali seumur hidup. Jadi, dalam postingan ini saya menganjurkan penggunaan storage bagi file2 yang lumayan berat. Jadikanlah laptop kalian mesin kerja, bukannya mesin penampung semua file2 kalian. Masih banyak kok storage yang dapat digunakan, di web pun banyak. Misalkan di google, atau yahoo.
Hmm... saya rasa skian dulu postingannyah... semoga bermanfaat....

3 Responses so far.

  1. Cay's says:

    owh begitu ya... emang bener juga sih

    Ohya Hardis apa termasuk storage. Aku baca specifikasi laptop Storage 2 GB maksudnya aa?? Mungkin anda tahu tolong ke Email saya ya atau blog saya terima kasih.

    cahyo_rsi@yahoo.co.id

  2. Apa yang Memuat file dan data pada Komputer termasuk storage.. tapi yg ditekankan dimana fungsi storage tersebut bro.. yap.. rajin baca aja disini yah.. sy gk biasa email2an..wkwkwkwk

Leave a Reply