Pages

Penelitian dan Tools Software Engineering

3 komentar
 














Sebelum membaca literatur blog ini, ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu Introduction Software Engineering dan UML pada referensi berikut :

a. Klik Untuk Tahu Software Engineering
b. Klik Untuk Tahu UML
c. Klik Untuk Tahu Tools SE

Apa sih Software Engineering? #Bahasan Umum

Software Engineering adalah suatu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak, yang memiliki kerangka sebagai berikut :

1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintain ability)
2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (depend ability)
3. Dapat mengikuti keinginan user (roburst)
4. Efektif dan Efisien penggunaannya
5. Dapat memenuhi kebutuhan (usability)

Software Engineering itu mencakup semua jenis pengerjaan suatu Software atau Perangkat Lunak. Bukan hanya sekedar menulis code (writing a block of code) akan tetapi semua kerangka-kerangka tadi harus masuk dalam Software Engineering. Nah, saya disini akan membahas sedikit masalah SE dan Research-research yang dilakukan terhadap SE ini.

Yang bakal kita bahas di SE itu ada beberapa macam poin yakni :
a. Penelitian dan Aplikasi SE
b. Tools SE

# Karena pembahasan ini memerlukan pengetahuan dasar SE, maka kami berikan link referensi tadi.

Penelitian dan Aplikasi SE

Jadi, sebenarnya sudah banyak komunitas bahkan perusahaan yang melakukan research terhadap SE ini, salah satunya yang kita ketahui sebuah perusahaan Perangkat Lunak adalah Microsoft. research.microsoft.com telah melakukan beberapa penelitian pada SE, mungkin beberapa sampel penelitian yang pernah dilakukan oleh Microsoft adalah sebagai berikut :

1 . A programming language for compose able DNA circuits

Jadi, meneliti dan membuat prototype bahasa pemrograman yang bisa meniru struktur DNA manusia. Prototype dari bahasa pemrograman ini, bisa kalian akses melalui website : Microsoft Research DNA. Jadi latar belakang penelitian yang diadakan ini adalah berbagai fungsi dari DNA manusia yang sangat banyak memerlukan bantuan aplikasi yang pintar, yang dapat menyimpan fungsi-fungsi tersebut dan memodelkannya.

2. A Programming Language for Genetic Engineering of Living Cells

Ada juga bahasa pemrograman yang masih dalam proses penelitian, adalah bahasa pemrograman yang meneliti dan menggambarkan fungsi-fungsi kinerja sel dalam tubuh melalui suatu bahasa pemrograman. Situsnya bisa dilihat di Klik Lihat Donk , akan tetapi kalian membutuhkan Silverlight SDK untuk mengakses bahasa pemrograman tersebut.

3. Client + Cloud Computing for Research

Link Terkait :
a. Microsoft Azure Research

4. Automatic Grammar Induction

a. Klik lagi Disini

Masih ada puluhan penelitian lagi, kalian boleh cek di SiniSini , terdapat banyak penelitian tentang Software Engineering dan aplikasi-aplikasi.
Nah, tadi kita sudah membahas tentang penelitian-penelitian yang terjadi pada Software Engineering. Sekarang kita masuk ke tools yang ada pada Software Engineering,

Tools

Apakah makna dibalik Tools pada Software Engineering ini? Sebelumnya penulis juga bertanya-tanya, akan tetapi setelah membaca beberapa literatur #malah curcol. Oke, Tools pada Software Engineering ini membantu dalam bidang permodelan Aplikasi #menurut penulis , karena pada Software Engineering dikenal nama UML (Unified Modelling Language). Nah, dari referensi yang sudah kami berikan di awal, tools pada Software Engineering digunakan untuk membuat Guide Lines atau Model dari suatu aplikasi.

Tools-tools yang ada pada Software Engineering itu sangatlah banyak, mungkin di referensi awal kita sudah ketahui ada yang namanya Rational Rose, Together, dan banyak lagi macamnya. Dan dapat dibuat sederhana, ternyata Tools yang tadi kalian pelajari adalah implementasi dari UML yang membahas User Case, Class, konsep OOP, dan lain-lain. Dan semua jenis tools yang disebutkan tadi, sama saja, layaknya compiler bahasa pemrograman, ada C, C++, pascal, sebenarnya sama saja, akan tetapi pasti memiliki perbedaan di fungsi-fungsi tertentu.

Dan tentunya, tools ini berbeda dengan bahasa pemrograman, karena pada aplikasi itu memiliki beberapa tahap pembuatan. Tools ini terletak pada modeling aplikasi, sedangkan bahasa pemrograman berperan penting dalam “Action Script” pada model aplikasi tersebut.

Sekian pengetahuan yang bisa kami sharing kepada kalian, kami tidak menjelaskan SE lebih banyak, karena sudah ada referensi yang lebih lengkap.. #hehhe bilang aja males.. 

3 Responses so far.

  1. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

  2. Nice post, things explained in details. Thank You.

  3. Unknown says:

    terima kasih banyak telah membagikan artikel ini.

Leave a Reply