Pages

Event Pada C#

2 komentar
 
Event
Event, biasanya event dinyatakan sebagai sesuatu yang terjadi (happening) di waktu tertentu dan tempat tertentu. Hmm, jadi dalam pemrograman c#, event biasanya digambarkan dengan "button_click","mouse_over","value_changed", dan event lainnya. Misal ketika kalian ngeklik button, walla, itulah Event.

Nah, jika sudah terjadi Event, apa yang terjadi? dan selanjutnya bagaimana? Hmm, kalian pernah tidak mendengar istilah Event Organizer? Nah, disini, di Pemrograman C#, Event Organizer disebut sebagai Event Handler. Event Handler adalah sistem yang meng-handle(mengatur) jalannya sebuah event, apa saja yang akan menjadi kelanjutan jika terjadi sebuah event.

Tulisan di atas merupakan gambaran awal tentang Event dan Event Handler, o iya, sebelum masuk lebih dalam di Event, diharapkan kalian sudah pernah membaca bab Delegates pada C# karena ini cukup berhubungan. keyword : Event = Special Delegates.

Sekarang kita memasuki wilayah pembahasan Event secara "Code", sebelumnya, kita memiliki prosedur jika ingin membuat sebuah event, yaitu :
1. Definisikan Class Event (Event apa yang terjadi)
2. Definisikan Class EventHandler (Bagaimana Sistem Handle nya)
3. Implementasikan Event tersebut pada Main Program

Ayo kita start dengan mempelajari 1 project yang saya buat #hehe, saya menemukannya di codeproject.com, ini artikelnya LINK . Dan saya mencoba merubah sedikit kodingan yang ada di codeproject dan menambahkan tutor sedikit. Untuk final project saya silahkan download disini LINK
Karena saya tidak mau kalian membaca di postingan ini panjang lebar, cukup prosedur event, kalian sudah siap untuk mencobanya di IDE C# kalian.
Happy Programming ^_^

2 Responses so far.

  1. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

  2. Hey keep posting such good and meaningful articles.

Leave a Reply