Pages

Macam-macam Shortcut di Windows

0 komentar
 
Sering kali kalau kita bekerja di Komputer, bukannya kinerja dari PC tersebut yang lamban. Akan tetapi kita yang kurang menguasai shortcut-shortcut yang ada di PC itu. Maka dari itu di tulisan ini di publish shortcut-shortcut yang ada di Windows PC.
Shortcut Umum :








Copy Data : Ctrl + C
Cut Data : Ctrl + X
Paste Data : Ctrl + V
Rename File : F2
Search : F3
Refresh : F5
Help : F1
Task Manager : Ctrl + Alt + Del
Blok Semua : Ctrl + A
Start : tombol windows ( keyboard ) di sebelah alt kiri
Klik Kanan : tombol note di sebelah alt kanan
Sticky Keys : klik tombol Shift 5 x
Menunjuk desktop : Space
Undo : Ctrl + Z
Redo ` : Ctrl + Y
Find Word : Ctrl + F
Untuk Shortcut Umum sudah segitu saja yang penulis ketahui… hehehe…, sekarang langsung menuju ke shortcut aplikasi.
Shortcut Aplikasi sangat banyak sekali ragamnya karena aplikasi di satu PC sangatlah banyak, bahkan sampai tak terhitung. Tapi, untuk mengungkap semua shortcutnya. Kita harus mengetahui fungsi Alt, Shift, dan Ctrl terlebih dahulu.

Fungsi Alt :
Misalkan pada semua aplikasi yang memiliki menu bar, seperti ms.word, ms.excel, ms.powerpoint, my computer, mozzila firefox, dll. Dari semua aplikasi tersebut, fungsi Alt yakni adalah Alt merupakan shortcut ke dalam menu bar tersebut.
Misal, kita ingin menyimpan document Microsoft word. Dengan alt caranya adalah : Alt + F + S
Apalagi di ms.Word 2007, jika kita memencet tombol Alt maka telah di tunjukkan shortcut yang akan di klik selanjutnya. Sehingga kalian tidak susah-susah dalam menemukan shortcut dari aplikasi di ms. Word ini.
Fungsi Ctrl dalam semua aplikasi hampir sama. Ctrl tidak sama dengan alt. kadang dengan menggunakan ctrl, lebih cepat daripada penggunaan alt. penggunaan ctrl sudah dibahas pada shortcut umum. Ctrl juga dapat digunakan dalam memilah-milah file yang akan dicopy atau di cut. Tidak seperti pada fungsi shift.
Dan shift, berguna untuk memperbesar tulisan, memblok data. Karena itu shift sangaat berguna pada saat membuat tulisan atau memindahkan file. Pada fungsi shift, sangatlah berbeda dengan ctrl. Jika ada file seperti ini : X Y Z. X Y Z akan kita copy, maka kita gunakan shift untuk memblok data itu. Lalu tinggal copy. Tapi jika kita ingin mengcopy X dan Z saja, maka yang kita perlukan di sini adalah fungsi Ctrl.
Bagaimana? Dari 3 key utama itu dapat dikembangkan pengerjaan terhadap PC yang banyak. Dengan Alt kita dapat membuat banyak shortcut yang kita inginkan. Dengan Ctrl pun begitu. Dengan ketiganya pun kita bisa kombinasikan menjadi suatu shortcut. Maka dari itu, yang anda perlukan hanya pengertian ke-3 keys ini.

Article next on : 10 hal membuat PC seorang blogger

Leave a Reply